Tuesday, November 18, 2014

CONTOH PERUSAHAAN PENGGUNA SUPPLY CHAIN MANAGEMENT

Gambaran Jaringan Rantai Pasok Perusahaan Baterai ABC

Dari gambar di atas, kita dapat mengetahui jaringan rantai pasok perusahaan Baterai ABC. Dimulai dari supplier hingga berakhir pada pelanggan.
  • Perusahaan Baterai ABC memiliki beberapa supplier, seperti CV.Baratech Jaya yang menyuplai karbon aktif, PT.Richguard International penyuplai bahan kimia, dan CV.Andalan Prima Sejahtera penyuplai peralatan-peralatan laboratorium. Perusahaan tentu harus memiliki hubungan yang baik terhadap supplier. Dengan adanya para supplier ini, perusahaan mendapat bahan baku, baik bahan baku produksi maupun peralatan penunjang produksi.
  • Setelah penyuplaian adalah proses produksi. Di proses produksi sendiri terdiri dari beberapa proses atau tahapan. Tahapan pertama dalam proses produksi dimulai dari pembuatan larutan elektrolit kemudian dilanjutkan dengan pembuatan E.S. Selanjutnya adalah tahapan pembuatan black mix, pembuatan zink can, pembuatan body metal jacket, dan pembuatan bottom plate. Maka tahap selanjutnya adalah assembling. Tahap assembling adalah tahapan perakitan untuk membentuk barang jadi. Sehingga output atau keluaran dari proses produksi adalah barang jadi, yakni baterai ABC.
  • Kemudian mulailah proses distribusi. Baterai ABC yang sudah siap pakai mulai distribusikan oleh perusahaan-perusahaan tertentu yang bertindak sebagai distributor. Pendistribusian baterai ABC ini dilakukan oleh PT. Everbright Battery Factory dan PT. Arga Boga Cemerlang. Kemudian perusahaan-perusahaan tersebut mendistribusikan ke bagian yang lebih kecil yaitu retailer.
  • Retailer adalah berbagai aktivitas yang mengikutsertakan pemasaran barang maupun jasa secara langsung kepada pelanggan. Sehingga retailer inilah yang menyampaikan produk dari pendistribusi ke para pelanggan (end user).
  • Baterai ABC termasuk barang yang sudah ‘go internasional’ sehingga selain ada di domestic market, baterai ABC juga masuk ke export market. Retailer untuk domestic market yang ikut memasarkan baterai ABC adalah Hypermart, Electronic Store, Music & Book Store, Toy store, Sport Store dan masih banyak lagi.
  • Jika baterai ABC telah sampai di bagian toko-toko kecil seperti itu maka baterai ABC siap digunakan oleh end user, yaitu pelanggan.

Sumber: http://unlimitedbeyond.wordpress.com/2012/09/17/jaringan-rantai-pasok-perusahaan-baterai-abc/

No comments:

Post a Comment